Wajib Tahu! Jenis Portofolio yang Harus Diunggah Saat Daftar SNBP 2024 via Prodi Seni & Olahraga

Jenis-jenis Portofolio Wajib yang Harus Diunggah Saat Daftar SNBP 2024 Lewat Prodi Seni & Olahraga

Halo para pendaftar SNBP 2024! Pasti banyak nih yang penasaran sama persyaratan daftar lewat jalur prestasi ini kan. Nah, kali ini kita mau bahas nih salah satu syarat wajibnya, yaitu unggah portofolio bagi calon mahasiswa yang mendaftar lewat prodi seni dan olahraga.

Pertama, kenalin dulu nih SNBP itu singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Ini adalah jalur khusus buat siswa SMA yang punya bakat dan prestasi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dengan jalur non akademik. Jadi bukan Cuma nilai rapor atau UTBK doang yang jadi penentu lolos kuliah, tapi juga bakat dan portofolio.

Nah, wajib gak sih unggah portofolio kalo daftar SNBP? Jawabannya, wajib banget kalo kamu mendaftar lewat prodi seni, seperti tari, musik, desain, fotografi, film, dan prodi olahraga seperti pendidikan jasmani. Tapi kalo mendaftar lewat prodi non seni dan olahraga, kamu gak wajib unggah portofolio kok.

Yuk kita liat apa aja nih jenis portofolio wajib SNBP 2024 buat prodi seni dan olahraga:

  1. Seni rupa dan desain: karya lukis, sketsa, patung, grafis, dsb
  2. Tari: video menari 💃
  3. Musik: video nyanyi atau main alat musik 🎤
  4. Karawitan: video main gamelan/alat musik tradisional
  5. Teater: video acting
  6. Fotografi: kumpulan foto hasil jepretan kamu
  7. Film: video film pendek hasil karya sendiri
  8. Olahraga: video olahraga yang kamu kuasai

Begitu ya guys jenis portofolionya. Harus disesuaikan sama prodi seni dan olahraga yang kamu pilih nanti. Contohnya kalo mau ambil desain grafis ya unggah desain2 kamu, kalo musik unggah video nyanyi, dan seterusnya.

Buat cara daftarnya juga gampang kok. Kamu tinggal buka laman snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, login pake akun, isi data profil, pilih prodi yang dituju, terus unggah portofolio sesuai petunjuk di atas. Giliran anak non seni & olahraga sih ga usah unggah portofolio ya.

Oke deh, semangat persiapkan berkas daftar SNBP 2024-nya termasuk portofolio ya guys. Tunjukkin bakat terpendam kalian lewat prodi seni dan olahraga pilihan. Semoga sukses dan diterima di PTN idaman!

Copywritter, Freelancer dan Penulis. Senang Membaca dan Berbagi Informasi.