Bisa Gak Sih Pakai SKTM Buat Daftar KIP Kuliah 2024?

Bisa Gak Sih Pakai SKTM Buat Daftar KIP Kuliah 2024?

Halo adik-adik calon mahasiswa, kepo nih sama program beasiswa KIP Kuliah. Pasti banyak yang pengen daftar kan biar kuliahnya gratis? Nah, kali ini kita bahas nih apakah bisa make SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu buat syarat daftar KIP Kuliah 2024.

Pertama, kenalin dulu nih KIP Kuliah itu apa. Jadi KIP Kuliah ini adalah program beasiswa dari pemerintah buat bantuin biaya kuliah mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Tujuannya biar mereka bisa kuliah dengan lancar walaupun kondisi ekonominya terbatas.

Nah, terus apa hubungannya sama SKTM? Seperti kita tahu, SKTM ini dikeluarkan sama pemerintah buat nunjukin kalo si pemilik surat ini berasal dari keluarga tidak mampu. Makanya adik-adik pasti kepikiran apakah bisa make SKTM ini buat syarat daftar KIP Kuliah yang memang diperuntukkan buat mahasiswa kurang mampu ini.

Yuk kita liat dulu apa aja sih syarat ekonominya buat bisa daftar KIP Kuliah. Ada beberapa kriteria nih:

  1. Punya KIP SMA
  2. Terdaftar dalam DTKS atau penerima bantuan PKH/KKS
  3. Termasuk kelompok miskin ekstrem
  4. Siswa panti asuhan/panti sosial

Nah kalo ga ada empat syarat di atas, ada satu kriteria lagi yang bisa dipake, yaitu:

  • Penghasilan ortu max 4 juta/bulan atau max 750 ribu/orang
  • Punya SKTM dari kelurahan yang nunjukin kalo keluarganya miskin

Nah, dari situ keliatan kan ya adik-adik, SKTM bisa dipake kok buat syarat daftar KIP Kuliah selain criteria lainnya. Jadi jawabannya bisa, iya, SKTM bisa jadi salah satu syarat buat daftar beasiswa ini.

Selain syarat ekonomi, tentu aja ada syarat akademik dan persyaratan lain yang mesti dipenuhi. Nanti bakal dijelasin lebih lengkap sama pihak kampus yang dituju.

Pokoknya kalo emang punya SKTM, langsung aja daftar KIP Kuliah pas pendaftaran dibuka 12 Februari sampai 31 Oktober 2024 kemarin. Siapkan dokumen SKTM dan persyaratan lainnya buat kesempatan dapet beasiswa ini.

Semangat ya adik-adik calon mahasiswa. Kuliah itu penting buat masa depan, jadi jangan sampai kehilangan kesempatan Cuma gara-gara biaya. Manfaatkan program KIP Kuliah ini buat bantu meringankan beban biaya kuliah. Semoga berhasil dan sukses kuliahnya!

Copywritter, Freelancer dan Penulis. Senang Membaca dan Berbagi Informasi.